Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Turis Asing Tewas Keracunan Methanol di Indonesia

Kompas.com - 19/05/2013, 16:32 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Satu lagi turis asing yang sedang mengunjungi Indonesia tewas setelah menenggak alkohol yang kemungkinan mengandung methanol. Seorang turis backpacker Inggris Cheznye Emmons (23) meninggal ketika sedang melakukan perjalanan di Sumatera, bersama rekannya Joseph Cook (21).

Menurut keterangan polisi, kedua turis ini ditemani oleh seorang lagi menenggak 4 botol arak setempat bernama Mansion, 20 April lalu. Polisi sekarang menyelidiki apakah minuman tersebut mengandung bahan methanol yang memang berbahaya bagi tubuh manusia. Polisi di Sumatera Utara mengatakan mereka masih menunggu hasil tes lab sebelum menentukan apakah kasus ini mengandung tindak kriminal.

"Kami akan menanyai pemilik toko mengenai apa yang terjadi," kata petugas polisi setempat Rosyid Hartanto seperti dikutip kantor berita AFP hari Sabtu (18/5/2013). "Kami belum mengetahui apakah minuman itu sudah dicampur ketika dibeli dari toko atau ketika kembali ke hotel dicampur dengan bahan lain."

Pagi harinya setelah menenggak alkohol, Emmons mengatakan kepada staf tempatnya menginap di Bukit Lawang bahwa dia menderita sakit perut. Dia kemudian dibawa ke sebuah rumah sakit di Medan. "Tanggal 23 April, pemilik penginapan mendapatkan kabar bahwa Emmons meninggal." kata polisi.

Jurubicara Kedutaan Inggris di Jakarta mengukuhkan kabar meninggalnya Emmons. "Dengan sangat menyesal, kami mengukuhkan adanya warga Inggris yang meninggal baru-baru ini di Medan." kata Kedutaan.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, berita kematian Emmons ini mendapatkan tempat besar di media-media Australia hari Minggu. Ini karena sebelumnya juga terjadi beberapa kasus methanol di kalangan turis Australia yang berkunjung ke Indonesia.  Namun kejadiannya biasanya adalah di pusat turis seperti di Bali dan Pulau Lombok. Kasus sebelumnya adalah tewasnya seorang pemuda Australia Liam Davies di Gili Terawangan Lombok di saat pergantian tahun karena menenggak arak yang mengandung methanol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com