Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Penyelidik Taiwan Kecewa Sikap Filipina

Kompas.com - 19/05/2013, 10:11 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Pihak penyelidik Taiwan meninggalkan Filipina, Sabtu (18/5/2013), dengan penuh ketidakpuasan terhadap kerja sama yang ditunjukkan pemerintah negeri itu. Penyelidik Taiwan berada di Manila terkait upaya penyelidikan penembakan seorang nelayannya hingga tewas awal pekan lalu oleh patroli penjaga pantai Filipina di Selat Bashi.

Ketua tim investigasi Taiwan, Chen Wen-chi menyatakan, sejumlah bukti menunjukkan tembakan yang dilancarkan patroli penjaga pantai Filipina memang dilakukan secara sengaja. Chen juga menegaskan, aparat patroli Filipina ketika itu dengan sengaja mengabaikan sejumlah ketentuan internasional, termasuk untuk terlebih dahulu memperingatkan kapal nelayan Taiwan tadi.

Selain itu Chen juga menambahkan, pihaknya sengaja memutuskan untuk segera pergi lantaran merasa kerja sama yang diberikan otoritas Filipina tidak tulus dan minim. Tim penyelidik Taiwan beranggotakan 14 orang itu tiba di Manila, Kamis (16/5/2013), atau sepekan setelah insiden terjadi. Mereka meminta diadakannya penyelidikan bersama peristiwa itu. Akan tetapi, sejak awal permintaan itu ditolak Menteri Kehakiman Filipina Leila de Lima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com