Kompas.com - 19/05/2013, 08:34 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com - Banjir besar dan tanah longsor yang menghantam sembilan provinsi di China selatan menyebabkan 50 orang tewas dan 14 lainnya hilang. Guangdong, provinsi paling padat penduduk, dihantam banjir paling parah dengan sedikitnya 36 orang tewas, menurut keterangan Kementerian Urusan Umum China, Sabtu (18/5).

Hujan dengan intensitas sangat tinggi terjadi sejak Rabu dan Kamis lalu di lima kota di Provinsi Guangdong, termasuk ibu kota Guangzhou. Akibatnya, tinggi air di sejumlah sungai di Guangdong melewati batas bahaya. Sungai Beijiang bahkan dikabarkan berada pada level air tertinggi dalam 100 tahun terakhir.

Di sejumlah sungai, ketinggian air juga jauh melampaui batas bahaya dan mencapai ketinggian 31,22 meter, melesat di atas ambang batas 5,22 meter.

Kementerian Urusan Umum juga menjelaskan, enam orang tewas di Provinsi Jiangxi dalam rentetan bencana banjir paling mematikan sejak banjir besar pada Juni 2011 di China timur dan tengah.

Menurut China Daily, di Xiamen, Provinsi Fujian, hujan deras sejak Kamis yang menyebabkan tanah longsor telah menelan lima korban jiwa. Tiga orang tewas tertimbun tanah longsor, satu orang tersapu banjir, dan seorang lainnya terkena aliran listrik.

Menurut Zeng Demen, petugas paramiliter yang melakukan operasi penyelamatan di Xiamen, di beberapa ruas jalan ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter.

Sebanyak 600 rumah terendam air bah di Xiamen, sementara sekitar 800 orang terperangkap di dalam rumah dan menunggu dievakuasi. Lebih dari 100 kendaraan roda empat juga terperangkap banjir di kota ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim penyelamat

Sejak Kamis, pejabat berwenang telah mengerahkan tim penyelamat dan sukarelawan ke wilayah-wilayah yang paling menderita.

Badan Meteorologi China memperingatkan, hujan besar akan terus tercurah di sekitar Guangdong pada Sabtu sore dan diperkirakan berlangsung lama. Kondisi ini membuat pemerintah mengeluarkan peringatan waspada karena hujan bakal disertai angin kencang. Banjir tampaknya masih menjadi ancaman bagi Guangdong selama beberapa hari ke depan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.