Kompas.com - 19/05/2013, 00:04 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

NEPAL, KOMPAS.com - Seorang perempuan Arab Saudi, Raha Moharrak, menaklukkan puncak Gunung Everest, Sabtu (18/5/2013). Dia menjadi perempuan pertama dari negara itu menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia tersebut.

Raha (25), menjadi bagian dari tim beranggotakan empat orang dalam salah satu kegiatan penggalangan dana untuk pendidikan. Dia berharap pencapaiannya ini akan mendorong perempuan-perempuan lain dari Arab Saudi untuk mewujudkan pencapaian baru. "Saya tak peduli dengan predikat pertama, selama hal ini memberikan inspirasi kepada orang lain untuk menyusul," kata dia.

Tak hanya menjadi perempuan Arab Saudi pertama, Raha juga menjadi orang Arab Saudi termuda yang menaklukkan atap dunia. Tiga pendaki lain dalam tim Raha termasuk pria asal Qatar dan Palestina. Mereka mendaki gunung ini untuk menggalang dana 1 juta dollar AS, yang akan ditujukan bagi proyek pendidikan di Nepal.

Raha mengakui banyak tantangan harus dia lalui untuk bisa menjalankan misi ini. "Tantangannya sama besarnya dengan gunung ini sendiri," ujar Raha. Salah satu tantangan berat yang ditaklukkan adalah meyakinkan keluarga Raha untuk mengizinkan putrinya mengikuti pendakian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.