Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Saudi Taklukkan Everest

Kompas.com - 19/05/2013, 00:04 WIB

NEPAL, KOMPAS.com - Seorang perempuan Arab Saudi, Raha Moharrak, menaklukkan puncak Gunung Everest, Sabtu (18/5/2013). Dia menjadi perempuan pertama dari negara itu menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia tersebut.

Raha (25), menjadi bagian dari tim beranggotakan empat orang dalam salah satu kegiatan penggalangan dana untuk pendidikan. Dia berharap pencapaiannya ini akan mendorong perempuan-perempuan lain dari Arab Saudi untuk mewujudkan pencapaian baru. "Saya tak peduli dengan predikat pertama, selama hal ini memberikan inspirasi kepada orang lain untuk menyusul," kata dia.

Tak hanya menjadi perempuan Arab Saudi pertama, Raha juga menjadi orang Arab Saudi termuda yang menaklukkan atap dunia. Tiga pendaki lain dalam tim Raha termasuk pria asal Qatar dan Palestina. Mereka mendaki gunung ini untuk menggalang dana 1 juta dollar AS, yang akan ditujukan bagi proyek pendidikan di Nepal.

Raha mengakui banyak tantangan harus dia lalui untuk bisa menjalankan misi ini. "Tantangannya sama besarnya dengan gunung ini sendiri," ujar Raha. Salah satu tantangan berat yang ditaklukkan adalah meyakinkan keluarga Raha untuk mengizinkan putrinya mengikuti pendakian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com