Kompas.com - 18/05/2013, 19:20 WIB
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com - Setidaknya satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah terjadi bentrokan antara umat Muslim dan Kristen Koptik di Alexandria, Mesir, Jumat (17/5/2013) malam. Demikian laporan harian pemerintah, Al Ahram.

Kerusuhan itu dipicu pertengkaran antara dua orang pemuda, satu beragama Islam dan lainnya Kristen. Pertengkaran kedua pemuda itu kemudian memicu perselisihan keluarga yang akhirnya pecah menjadi kerusuhan di sebuah distrik di wilayah barat Alexandria.

Kedua kelompok warga ini saling melemparkan bom molotov, sebelum pasukan keamanan datang dan membubarkan massa serta menutup kawasan di sekitar sebuah gereja Koptik.

Setelah dua jam kerusuhan, polisi berhasil menguasai keadaan dan menahan delapan orang yang diduga menjadi pemicu kerusuhan.

Kabar kerusuhan sektarian ini muncul hanya beberapa jam setelah ratusan warga yang menentang pemerintahan Presiden Mohammed Mursi turun ke jalanan Kairo menuntut Mursi mundur dari jabatannya.

Para pengunjuk rasa ini adalah mereka yang menandatangani petisi online Tamaron alias pemberontakan yang menginginkan Mursi meninggalkan kursi kekuasaan karena dianggap gagal mengembalikan stabilitas Mesir.

Meski hanya ratusan orang yang muncul dalam aksi unjuk rasa di Kairo, pengelola Tamarod mengklaim dua juta orang telah menandatangani petisi yang mendesak Presiden Mursi mundur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Umat Kristen Koptik berjumlah sekitar 10 persen dari 84 juta warga Mesir. Mereka mengeluhkan kegagalan pemerintah melindungi kelompok minoritas sejak Hosni Mubarak jatuh dari
kekuasaannya.

Sejak Mursi berkuasa pada Juni tahun lalu, Mesir terus dilanda krisis politik dan ekonomi yang serius. Selama satu tahun terakhir kerap terjadi bentrokan, tak jarang menyebabkan korban tewas, antara pendukung dan penentang Mohammed Mursi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.