Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bom Tewaskan Puluhan Orang di Irak

Kompas.com - 18/05/2013, 12:37 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sedikitnya 58 orang tewas setelah dua buah bom meledak di sebuah masjid Suni dan prosesi pemakaman di kota Baghdad, Irak, Jumat (17/5/2013).

Bom pertama meledak saat umat Muslim Suni meninggalkan Masjid Saria, Baquba, Irak. Bom kedua meledak ketika warga berkumpul di lokasi ledakan pertama. Insiden ini menewaskan 41 orang dan melukai 57 orang lainnya.

Sementara itu, di kota Madain, sebelah selatan Baghdad, sebuah bom pinggir jalan meledak di dekat iring-iringan pemakaman seorang warga Suni. Ledakan ini menewaskan delapan orang dan melukai 25 orang lainnya.

Di Baghdad sendiri, sebuah bom meledak di kawasan permukiman mayoritas warga Suni di sebelah barat Baghdad yang menewaskan tujuh orang dan melukai 20 orang.

Serangkaian serangan itu merupakan insiden terbaru yang mengincar warga Suni, Syiah, pasukan keamanan, dan pemimpin suku, sejak pasukan keamanan menyerbu sebuah lokasi unjuk rasa warga Suni di Kirkuk sebulan silam.

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki menuding rangkaian kekerasan itu sebagai hasil dari intoleransi beragama di negeri itu.

"Pertumpahan darah ini adalah hasil dari kebencian sektarian. Kebiadaban ini adalah hasil alami dari pemikiran sempit sektarianisme," kata Al-Maliki.

Ketegangan antara pemerintahan Nuri al-Maliki yang Syiah dan warga minoritas Suni meningkat belakangan ini setelah warga Suni menuding pemerintah melakukan kekerasan terhadap rakyatnya sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com