Kompas.com - 18/05/2013, 12:37 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sedikitnya 58 orang tewas setelah dua buah bom meledak di sebuah masjid Suni dan prosesi pemakaman di kota Baghdad, Irak, Jumat (17/5/2013).

Bom pertama meledak saat umat Muslim Suni meninggalkan Masjid Saria, Baquba, Irak. Bom kedua meledak ketika warga berkumpul di lokasi ledakan pertama. Insiden ini menewaskan 41 orang dan melukai 57 orang lainnya.

Sementara itu, di kota Madain, sebelah selatan Baghdad, sebuah bom pinggir jalan meledak di dekat iring-iringan pemakaman seorang warga Suni. Ledakan ini menewaskan delapan orang dan melukai 25 orang lainnya.

Di Baghdad sendiri, sebuah bom meledak di kawasan permukiman mayoritas warga Suni di sebelah barat Baghdad yang menewaskan tujuh orang dan melukai 20 orang.

Serangkaian serangan itu merupakan insiden terbaru yang mengincar warga Suni, Syiah, pasukan keamanan, dan pemimpin suku, sejak pasukan keamanan menyerbu sebuah lokasi unjuk rasa warga Suni di Kirkuk sebulan silam.

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki menuding rangkaian kekerasan itu sebagai hasil dari intoleransi beragama di negeri itu.

"Pertumpahan darah ini adalah hasil dari kebencian sektarian. Kebiadaban ini adalah hasil alami dari pemikiran sempit sektarianisme," kata Al-Maliki.

Ketegangan antara pemerintahan Nuri al-Maliki yang Syiah dan warga minoritas Suni meningkat belakangan ini setelah warga Suni menuding pemerintah melakukan kekerasan terhadap rakyatnya sendiri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.