Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otomotif agar Terus Kembangkan Riset

Kompas.com - 18/05/2013, 03:38 WIB

Karawang, Kompas - Industri otomotif harus terus mengembangkan kegiatan riset dan pengembangan. Langkah ini diperlukan agar Indonesia akhirnya dapat menguasai teknologi di bidang otomotif.

”Pengembangan riset dan pengembangan diperlukan sehingga akhirnya teknologi dapat kita kuasai,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat, di Karawang, Jawa Barat, Jumat (17/5).

Syarif membacakan sambutan Direktur Jenderal IUBTT Kementerian Perindustrian Budhi Dharmadi pada peletakan batu pertama pembangunan pabrik keempat PT Astra Honda Motor (AHM) di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang.

”PT AHM perlu pula terus meningkatkan tingkat komponen dalam negeri dengan melibatkan pelaku industri komponen dalam negeri,” kata Syarif.

Pasar domestik

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma dan Chief Operating Officer for Regional Operations Asia and Oceania Honda Motor Co Ltd Hiroshi Kobayashi mengatakan, dengan pembangunan pabrik di Karawang, total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta unit per tahun.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto mengatakan, produksi sepeda motor Astra digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik. (CAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com