Kaum LGBT Eropa Takut Ungkapkan Diri

Kompas.com - 18/05/2013, 02:39 WIB
Editor

Den Haag, Jumat - Dua pertiga komunitas lesbian, homoseksual, biseksual dan transjender (LGBT) Eropa masih takut mengungkapkan orientasi seksualitas mereka secara terbuka. Selain itu, seperempat dari komunitas itu juga telah menjadi korban serangan fisik dan verbal, menurut sebuah laporan Uni Eropa, Jumat (17/5), bertepatan dengan Hari Internasional Menentang Homofobia.

”Ketakutan, isolasi, dan diskriminasi adalah fenomena sehari-hari bagi komunitas LGBT di Eropa,” kata Direktur Badan Hak-hak Dasar (FRA) Uni Eropa (UE) Morten Kjaerum, dalam laporan itu.

Survei daring itu, yang disebutkan sebagai yang terbesar untuk survei sejenis, menanyai sekitar 93.000 orang di 27 negara anggota UE ditambah Kroasia, yang akan bergabung dengan blok itu pada Juli mendatang.

Lebih dari seperempat (26 persen) responden mengatakan telah diserang secara fisik atau verbal dalam lima tahun terakhir.

Transjender terutama menderita, dengan sejumlah 28 persen mengatakan, telah diserang atau diancam lebih dari tiga kali dalam 12 bulan terakhir, kata laporan itu.

Beberapa responden mengatakan, bahkan di negara-negara yang secara tradisional dianggap toleran, perilaku memburuk.

”Situasi gangguan/diskriminasi/kekerasan yang saya alami terutama adalah agresi verbal,” tulis seorang homoseksual Belgia berusia 27 tahun. ”Situasi sekarang memburuk dibandingkan misalnya empat tahun lalu.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Belanda, negara pertama yang melegalisasi perkawinan homoseksual tahun 2001 hampir 20 persen dari mereka yang ambil bagian dalam survei itu mengatakan, mereka merasa didiskriminasi ketika pergi ke klub olahraga atau rumah sakit, mencari apartemen, keluar pada malam hari, atau ketika berurusan dengan bank.

Angka rata-rata di seluruh Eropa dari yang merasa mengalami diskriminasi itu adalah 32 persen, dengan angka tertinggi dilaporkan di Lituania (42 persen), Kroasia (41 persen), Bulgaria (40 persen), dan Romania (39 persen).

Enggan melapor

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.