Kompas.com - 17/05/2013, 08:50 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Ekonomi Jepang untuk triwulan pertama 2013 mencatat kenaikan. Perkembangan ekonomi yang baik ini membuat optimisme pemerintah Abe dan Gubernur Bank of Japan Kuroda akan terus melakukan stimulus ekonomi seperti yang dijanjikan. Ekonomi Jepang naik sebesar 0,9 persen dibanding triwulan sebelumnya atau 3,5 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya. Belanja konsumen dan investasi publik mengalami peningkatan.

Sementara itu, dari AS, beberapa data perekonomian justru melemah. Antara lain jobless claims yang naik 32.000 menjadi 360.000—level tertingginya dalam enam pekan terakhir. Hal itu diikuti dengan turunnya inflasi April 0,4 persen dibanding bulan sebelumnya (MoM), melanjutkan penurunan 0,2 persen MoM pada bulan Maret lalu.

Penjualan rumah juga mulai turun, terendah dalam lima bulan terakhir, dan indeks manufaktur di regional The Fed Philadelphia mengalami kontraksi. Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Jumat (17/5/2013), pelemahan ini diperkirakan efek siklus bulanan saja dan belum menjadi sinyal pelemahan yang permanen. Meskipun demikian, bursa saham Wall Street ditutup melemah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.