Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Mendulang Turis Lewat Wisata MICE

Kompas.com - 16/05/2013, 11:32 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata Singapura mendapatkan kontribusi besar dari sektor pelancong bisnis dan MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition). Menurut data dari Singapore Tourism Board (STB), wisatawan bisnis dan MICE yang datang ke Singapura mencapai 3,2 juta pada tahun 2011.

"Angka ini menunjukkan kenaikan 2,6 persen dibanding tahun 2010. Di sembilan bulan pertama tahun 2012, kunjungan bisnis dan MICE mencapai 2,5 juta," kata Regional Director of ASEAN (Islands) and Oceania, Singapore Tourism Board, Kenneth Lim, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/5/2013).

Menurut Lim, Indonesia merupakan penyumbang wisatawan terbanyak yang melakukan kunjungan ke. Singapura. Sebesar 35 persen wisatawan Indonesia datang ke Singapura untuk tujuan bisnis dan MICE.

Pengeluaran dari para wisatawan bisnis dan MICE di Singapura di sembilan bulan pertama tahun 2013 sendiri mengalami peningkatan 7 persen dari tahun ke tahun atau sekitar 4,29 miliar dolar Singapura. "Jadi MICE memberikan kontribusi penting bagi pariwisata Singapura," kata Lim.

Salah satu aktivitas MICE di Singapura yang menyasar pasar Indonesia di tahun 2012 adalah acara "Travel Rave" dan sektor incentive group. Acara "Travel Rave" semacam festival pariwisata Asia. Dalam acara ini, pelaku-pelaku industri pariwisata dari Indonesia juga diundang untuk berbagi pengetahuan.

"Sedangkan incentive, banyak perusahaan Indonesia yang melakukan program incentive di Singapura misalnya untuk top seller (penjual terbaik) atau jaringan dealer mereka. Mereka pilih Singapura. Singapura masih menjadi destinasi yang populer untuk incentive," jelas Lim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com