Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Mafia Italia Dibelikan Properti

Kompas.com - 16/05/2013, 06:19 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ROMA, KOMPAS.com — Polisi anti-Mafia Italia, hari Rabu (15/5/2013), menyita harta kekayaan bernilai ratusan juta euro milik "raja supermarket" di Sisilia, Sebastiano Scuto, setelah dalam banding terungkap bahwa Scuto berhubungan dengan jaringan mafia.

Polisi sebagaimana dikutip kantor berita AFP, hari Rabu menyebutkan, total 409 properti disita berkaitan dengan 48 perusahaan yang berhubungan dengan Scuto dan keluarganya.

Harta ini disita, tetapi secara resmi belum diambil alih, dan akan terjadi apabila Scuto mengaku bahwa semua kekayaan ini ada kaitan dnegan Mafia di pengadilan Italia.

Perusahaan Scuto, Aligrup memiliki 1.600 pekerja. Hakim menegaskan, ada perjanjian dengan serikat pekerja bahwa lapangan pekerjaan mereka tetap dijamin sekalipun diambil langkah hukum berkaitan dengan sepak terjang Scuto dan mafia.

Pengadilan bulan lalu menuntut 12 tahun penjara atas Scuto karena berhubungan dengan mafia yang menguasai kota Catania, Italia selatan.

Jaksa menegaskan, Scuto menjaling hubungan dekat dengan klan mafia di Palermo dan telah melakukan pencucian uang melalui perusahaan yang dipimpinnya.

Penyitaan aset juga dilakukan atas asset Scuto di Salerno, Italia selatan, di Reggio Emilia di Italia tengah dan di Monza dan Milan di Italia utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com