Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Penyumbang Turis Terbanyak ke Singapura

Kompas.com - 15/05/2013, 17:09 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia masih berkontribusi besar pada pariwisata Singapura. Wisatawan asal Indonesia merupakan wisatawan terbanyak yang berkunjung ke negara tersebut. Menurut Regional Director of ASEAN and Oceania, Singapore Tourism Board, Kenneth Lim, wisatawan Indonesia berada di urutan pertama dari peringkat lima besar wisatawan yang paling banyak berkunjung ke Singapura.

"Jumlah kunjungan Indonesia di 9 bulan pertama tahun 2012, yaitu Januari sampai September, ke Singapura mencapai 2,1 juta wisatawan. Indonesia masih menjadi peringkat pertama," kata Lim kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (15/5/2013).

Ia menuturkan, sebanyak 35 persen wisatawan Indonesia yang datang ke Singapura adalah pelancong bisnis dan meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE). Sementara sisanya sebanyak 65 persen datang untuk tujuan leisure atau pelesir.

"Singapura sudah menjadi destinasi gaya hidup bagi wisatawan Indonesia. Walaupun datang untuk bisnis, orang Indonesia selalu sempatkan waktu untuk pelesir," kata Lim.

Lim mengaku akses yang mudah ke Singapura dan lokasinya yang dekat dengan Indonesia menjadikan Singapura terus menjadi destinasi wisata favorit bagi orang Indonesia.

"Singapura juga memiliki infrastruktur dan bandara yang bagus serta lokasi venue untuk MICE yang mudah dijangkau. Jadi, selesai rapat atau konferensi, wisatawan bisa berkendara lima belas menit sudah sampai ke obyek wisata, misalnya ke kebun binatang," jelas Lim. 

singapuraaa

Singapura. (KOMPAS.COM/INGGRIED DWI WEDHASWARY)

Pihaknya melihat potensi besar dari wisata MICE di Singapura sehingga Singapura terus membidik wisatawan MICE dengan mengadakan berbagai konferensi tingkat internasional maupun sebagai tuan rumah ajang-ajang internasional.

Secara keseluruhan, data dari Singapore Tourism Board menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Singapura di periode Januari sampai September 2012 berada di angka 14,4 juta wisatawan. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 9 persen dibanding periode yang sama di tahun 2011.

Indonesia menduduki peringkat teratas sebagai wisatawan terbanyak yang berkunjung ke Singapura, kemudian disusul wisatawan asal China, Malaysia, Australia, dan India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com