Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Usir Diplomat Amerika

Kompas.com - 15/05/2013, 06:43 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia mengatakan, telah memerintahkan pengusiran terhadap seorang diplomat Amerika Serikat di Moskwa karena dicurigai melakukan mata-mata. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, diplomat bernama Ryan Fogle diserahkan ke para pejabat Amerika Serikat setelah sempat ditahan pihak berwenang.

Ryan kemudian dinyatakan persona non grata dan diperintahkan meningggalkan wilayah Rusia secepatnya. "Tindakan-tindakan provokatif dengan semangat Perang Dingin sama sekali tidak akan mendukung upaya memperkuat rasa saling percaya," kata Kementerian Luar Negeri Rusia, Selasa (14/5/2013). Sebelumnya Rusia mengatakan pihak berwenang negara itu sempat menahan seorang diplomat Amerika Serikat karena dituduh sebagai agen Badan Intelijen Pusat (CIA).

Duta Besar dipanggil

Badan Keamanan Federal Rusia mengatakan Ryan Fogle bekerja sebagai Sekretaris Ketiga Kedutaan Besar Amerika di Moskwa. Ia ditangkap ketika berusaha merekrut seorang agen intelijen Rusia. Dalam operasinya, pihak berwenang menemukan peralatan teknik khusus, uang tunai pecahan 500 euro dalam jumlah besar, dan beberapa perlengkapan untuk menyamar.

Barang-barang yang diduga milik Fogle ditempatkan di meja, termasuk rambut palsu, peta, dan pisau. Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil Duta Besar AS Michael McFaul untuk membicarakan masalah itu, Rabu (15/5/2013).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com