Kompas.com - 15/05/2013, 02:54 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SINGAPURA, KOMPAS.com — Banyak gelar nomor wahid disabet Singapura, di kawasan regional. Namun, tak semuanya urusan yang serba serius atau bergengsi. Karena kali ini Singapura mendapat "gelar" nomor satu untuk urusan makan di luar rumah.

Survei mendapatkan warga Singapura berada pada urutan pertama dalam hal makan di luar rumah sepanjang 2012. Garapan dari Master Card ini menyebutkan, urusan makan di luar rumah, warga Singapura memukul telak warga Jepang.

Menurut survei Master Card itu, warga Singapura menghabiskan rata-rata 322 dollar Singapura atau setara Rp 2,6 juta per bulan untuk makan di luar rumah selama 2012. Angka tersebut naik dari catatan survei 2011, dengan persentase kenaikan 25 persen. Sementara masyarakat Jepang, menurut survei itu menghabiskan uang setara 277 dollar Singapura per bulan sepanjang 2012.

Survei melibatkan 8.000 penduduk berusia 18 sampai 64 tahun di kawasan Asia Pasifik yang memiliki rekening bank. Mewakili Singapura, 455 warga mengikuti survei yang dilakukan dengan metode wawancara online ini.

Analisis data menunjukkan, kebanyakan warga negeri jiran mengatakan food court menjadi pilihan pertama makan di luar, yang diwakili oleh 90 persen responden. Menyusul kemudian 85 persen responden menyebut restoran fast food sebagai urutan berikutnya dari pilihan utama makan di luar. Selebihnya memilih menyantap makanan di restoran keluarga hingga restoran berkelas, meski ada juga yang menyebutkan kafe dan bar.

Food court juga menjadi tempat yang paling sering dikunjungi responden, dengan rata-rata 15 kali dalam sebulan. Menyusul kemudian fast food dengan 7 kali kunjungan dalam sebulan. Menariknya, separuh dari responden mengaku selalu membaca terlebih dahulu informasi tentang tempat makan yang hendak mereka sambangi. Mereka mengaku tidak mau menghabiskan uang menyantap hidangan yang tidak lezat apalagi mahal.

Jumlah responden yang sama juga selalu mengecek apakah ada promosi khusus dengan menggunakan kartu kredit yang mereka miliki. Stella Lee, seorang asisten manager menuturkan dia menghabiskan paling sedikit 600 dolar untuk pengeluaran makan di luar dalam sebulan. "Saya ingin mencoba makanan baru, dan saya tidak keberatan membayar lebih mahal sedikit untuk makanan yang lezat"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.