Kompas.com - 14/05/2013, 23:58 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

WASHINGTON, KOMPAS.com— Angkatan Laut Amerika Serikat, hari Selasa (14/5/2013), bersiap meluncurkan pesawat terbang tak berawak dengan ukuran seperti pesawat tempur dari atas geladak kapal induk USS George HW Bush.

Langkah ini merupakan sesuatu yang signifikan karena memungkinan perluasan penggunaan pesawat tak berawak untuk berbagai konflik di masa depan.

Kantor berita AP hari Selasa melaporkan, pesawat tak berawak X-47B bisa mencapai ketinggian lebih dari 12.000 meter dengan jarak jelajah 3.400 kilometer.

Pesawat tak berawak ini juga bisa mencapai kecepatan tertinggi yakni dua kali kecepatan suara. Pesawat ini terbang sepenuhnya secara otomatis.

Sejumlah program komputer akan mengatur ke mana pesawat ini terbang, kecuali jika membutuhkan campur tangan operator misi.

Langkah ini berbeda dibanding pesawat tak berawak yang digunakan militer AS selama ini.

Pesawat tanpa awak ini ukurannya lebih kecil, dan dikendalikan seseorang dari sebuah lokasi terpencil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekalipun pesawat tempur tanpa awak ini sukses, tetapi belum akan digunakan untuk operasional.

Namun dengan berbasis di kapal induk, pesawat tempur ini bisa dipakai untuk operasi militer.

Keuntungannya adalah pesawat tempur ini nantinya tak perlu meminta izin wilayah dari negara untuk basis operasi.

Alasannya karena kapal induk akan dikerahkan ke lokasi sekitar perang dan kemudian digunakan untuk operasi militer, inteligen, target-target khusus, dan pengawasan. Dan hal ini bisa dilakukan selama 24 jam tanpa henti karena tak ada awak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.