Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Dugaan Spionase, Kemenlu Rusia Panggil Dubes AS

Kompas.com - 14/05/2013, 20:13 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Rusia, Selasa (14/5/2013), memanggil Duta Besar AS di Moskwa, Michael McFaul, terkait penangkapan seorang warga AS yang diduga adalah agen Badan Intelijen AS (CIA).

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, Duta Besar McFaul akan memenuhi panggilan Kemenlu Rusia pada Rabu (15/5/2013) untuk menjelaskan kasus yang menimpa terduga agen CIA bernama Ryan C Fogle itu.

Sebelumnya, Dinas Intelijen Federal Rusia, FSB, menahan seorang pria Amerika bernama Ryan C Fogle yang diduga melakukan kegiatan spionase.

Fogle ditahan saat hendak merekrut seorang anggota dinas intelijen Rusia di Moskwa. Setelah sempat ditahan dan diinterogasi, Fogle dilepaskan.

Belum jelas apa yang akan terjadi atas Fogle seusai insiden ini. Namun, biasanya Rusia akan menyatakan persona non-grata dan diperintahkan meninggalkan Rusia dalam waktu maksimal 48 jam.

Insiden ini terjadi di tengah meregangnya hubungan AS-Rusia yang dipicu krisis Rusia dan keprihatinan Washington terhadap apa yang dinilai sebagai pelanggaran HAM oleh Presiden Vladimir Putin.

Insiden spionase besar terakhir antara kedua negara terjadi pada 2010 lalu yang berujung penangkapan agen perempuan cantik Rusia, Anna Chapman, dan 10 agen Rusia lainnya.

Skandal spionase, yang berakhir dengan pertukaran 10 agen dan empat warga Rusia yang diduga menjadi mata-mata Barat itu, menjadi sebuah tamparan memalukan bagi dinas intelijen luar negeri Rusia saat itu.

Media Rusia menggambarkan sejumlah agen sebagai orang-orang amatir yang memiliki sedikit prestasi di masa kejayaan Uni Soviet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com