Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Rusia Tahan Terduga Agen CIA

Kompas.com - 14/05/2013, 19:48 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia, Selasa (14/5/2013), menahan seseorang yang diduga sebagai agen CIA saat sedang berusaha merekrut seorang anggota intelijen Rusia.

Sejumlah media Rusia bahkan memasang foto pria yang dikatakan sebagai seorang pegawai Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Moskwa. Foto penangkapan pria itu juga muncul di berbagai media Rusia.

Pria Amerika itu ditangkap dengan sejumlah besar uang, beberapa peralatan teknis, dan instruksi tertulis untuk agen Rusia yang akan direkrutnya itu.

"Saat ditangkap, kami menemukan peralatan teknis, instruksi tertulis untuk warga Rusia yang direkrut, dan sejumlah uang dan peralatan penyamaran," demikian ungkap Badan Intelijen Federal Rusia (FSB).

Pria yang kemudian diketahui bernama Ryan Fogle itu disebut-sebut sebagai sekretaris urusan politik Kedubes AS di Moskwa. Sejauh ini, belum ada komentar dari pihak Kedubes AS.

Fogle yang diduga adalah agen CIA itu sempat ditahan selama semalam sebelum dibebaskan seorang pejabat Kedubes AS di Moskwa. Demikian pernyataan Badan Intelijen Federal (FSB) Rusia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com