Kompas.com - 14/05/2013, 17:57 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Perut kembung sehingga sering mengeluarkan gas atau berkentut mungkin memalukan, namun hal itu sangat normal. Semua orang rata-rata buang gas lebih dari 20 kali sehari. Namun ada saatnya usus memproduksi lebih banyak gas, salah satunya saat makanan yang dimakan adalah jenis makanan penghasil gas.

Meskipun mengonsumsi makanan penghasil gas, namun dengan membatasi porsi dan memakannya perlahan, risiko perut penuh gas bisa terkurangi. Berikut adalah tujuh jenis makanan yang menghasilkan banyak gas dalam perut:

1. Sayur-sayuran

Kandungan gula dalam beberapa jenis sayuran dapat memicu gas perut selagi dicerna. Bawang mengandung fruktosa, salah satu tipe gula, sementara tipe gula yang lain seperti rafinos juga ditemukan pada asparagus, kubis, dan brokoli. Sayuran yang mengandung serat larut juga berpotensi membuat banyak gas. Meskipun demikian serat larut juga dibutuhkan oleh tubuh, jadi jangan menghindari makanan ini namun aturlah porsinya.

2. Buah

Beberapa jenis buah mengandung tipe gula yang disebut sorbitol, yang menyebabkan produksi gas berlebih. Buah-buah yang mengandung sorbitol antara lain apel, persik, dan pir. Permen karet mengandung sorbitol juga sehingga menyebabkan produksi gas berlebihan juga.

3. Makanan bertepung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tepung kaya akan karbohidrat yang dapat menimbulkan gas saat dicerna. Makanan jenis ini yang paling menyebabkan gas antara lain roti, sereal, dan pasta. Selain itu makanan yang mengandung jagung dan kentang juga berpotensi menyebabkan timbulkan gas, namun tidak dengan nasi.

4. Susu dan produk turunannya

Susu dan produknya mengandung gula yang disebut laktosa yang dapat sulit untuk dicerna apabila tubuh tidak cukup memiliki enzim laktase. Produk susu antara lain keju, es krim, dan yogurt.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.