Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Punya "Helpline" 24 Jam untuk PRT Indonesia

Kompas.com - 14/05/2013, 15:52 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com  Ini kabar baik bagi pekerja rumah tangga (PRT) asal Indonesia di Singapura. Asiaone, Senin (13/5/2013), melaporkan bahwa mulai 1 Juni 2013 layanan bantuan (helpline) 24 jam akan melayani PRT dengan segala keluhan dan permasalahan mereka.

Layanan tersebut diluncurkan oleh Asosiasi Bantuan Sosial untuk Tenaga Kerja Asing (Fast) dan akan tersedia dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Di hadapan 450 PRT asal Indonesia, pimpinan Fast, Seah Seng Choon, menyampaikan harapannya bahwa dengan layanan ini kehidupan para PRT akan lebih baik. "Jika Anda bingung dengan izin kerja, mengalami masalah di tempat kerja, atau bahkan hanya perlu rekan curhat, jangan ragu-ragu untuk menelepon," kata Seah.

Untuk memastikan kelancaran pelayanan, sejumlah relawan sudah dipersiapkan dengan khusus. Seah menuturkan, para relawan itu merupakan tenaga-tenaga ahli yang memahami seluk-beluk permasalahan para tenaga kerja asing, khususnya dari Indonesia. "Mereka akan menjadi rekan berbicara dan memberikan nasihat-nasihat yang diperlukan."

Seah tidak membantah bahwa para PRT ini dapat mengadukan permasalahan ke agensi yang mengirim mereka. Namun, dia menekankan bahwa keberadaan pihak ketiga akan sangat membantu, terutama dalam menghadapi kasus yang pelik. Ia menambahkan, terkadang konflik terjadi dengan agensi mereka sendiri. Masalah-masalah yang sering muncul di antaranya pembayaran gaji, libur kerja, dan izin perpanjangan kerja. Kebanyakan dari mereka tidak benar-benar memahami proses administrasi yang terkadang terlalu rumit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com