Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kopi Darat" Lewat Pojok Indonesia di Universitas Queensland

Kompas.com - 14/05/2013, 14:52 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com - Indonesia adalah tetangga terdekat Australia namun perhatian warga Australia menurun dalam 10 tahun terakhir. Karenanya, Persatuan Pelajar Indonesia di Universitas Queensland menyelenggarakan acara kopi darat teratur dengan nama Pojok Indonesia di Universitas tersebut.

Pojok Indonesia ini diselenggarakan seminggu sekali sejama satu jam setiap Selasa sore di kedai kopi di universitas tersebut.

"Ini pertemuan dialog informal, yang santai. Kita meniru pertemuan yang biasa dikenal di Indonesia sebagai Kopi darat, karena dalam setiap pertemuan, para peserta ditemni secangkir kopi atau teh dan kudapan khas Indonesia." kata Pan Mohamad Faiz Ketua PPIA Universitas Queensland yang juga adalah kandidat PHd di bidang hukum tata negara di universitas tersebut.

"Kita berusaha menjembatani kesepahaman Indonesia-Australia di kalangan akar rumput," tambah Faiz lagi. Dalam pertemuan yang sudah dimulai sejak bulan Maret tersebut, para peserta menggunakan bahasa Indonesia.

"Dengan demikian para mahasiswa Australia yang sedang menempuh program bahasa Indonesia mereka bisa melatih kemampuan berbahasa mereka." tambah Faiz kepada koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya hari Senin (13/5).

Menyusul acara Pojok Indonesia tersebut, PPIA Universitas Queensland akan menyelenggarakan Indonesia Day (Hari Indonesia) hari Kamis (16/5). Selain acara seperti pertunjukkan seni dan peragaan dan penjualan makanan Indonesia juga akan diselenggarakan forum diskusi yang akan menampilkan dua warga Australia yang memiliki pengalaman mengenai Indonesia dan Bahasa Indonesia.

Dr Annie Pohlmann dari Universitas Queensland akan berbicara mengenai pengalaman tinggal di Indonesia, dan Brett Brookes dari Prince of Peace Lutheran College akan memberikan pengalamannya mengajar bahasa Indonesia. Selain itu juga akan ditampilkan Tari Aman, oleh anak-anak Indonesia yang sedang menempuh pelajaran sekolah dasar di Brisbane.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com