Kompas.com - 13/05/2013, 20:58 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com — Angkatan bersenjata Turki, Senin (13/5/2013), mengatakan telah kehilangan kontak dengan salah satu jet tempur F-16 yang tengah melintas di Osmaniya kota di wilayah selatan dekat dengan perbatasan Suriah.

Tim penyelamat langsung dikirim ke lokasi kontak terakhir pesawat tempur itu. Demikian pernyataan militer Turki seperti dikutip Reuters.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa yang terjadi dengan pesawat jet F-16 itu. Militer Turki hanya mengatakan pilot pesawat itu selamat karena sempat melompat keluar kokpit.

Sejumlah sumber yang dikutip stasiun televisi NTV menduga kemungkinan besar hilangnya F-16 ini adalah sebuah kecelakaan.

Kecurigaan F-16 Turki itu jatuh akibat ditembak Suriah sempat mencuat. Terlebih lagi, pada Juni 2012, Suriah pernah menembak jatuh sebuah jet F-4 milik Turki di lepas pantai Suriah.

Saat itu, Suriah berkilah hanya membela diri dan tidak mengetahui jika pesawat jet itu adalah milik Turki. Namun, Turki mengatakan pesawat itu sangat mudah diidentifikasi dan tengah terbang di wilayah udara internasional.

Hubungan kedua negara memburuk sejak perang saudara berkecamuk di Suriah sekitar dua tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Turki kini bahkan menampung pasukan pemberontak dan pengungsi Suriah di wilayahnya. Selain itu, Turki juga berulang kali meminta agar Presiden Bashar al-Assad melepaskan jabatannya.

Insiden terbaru yang melibatkan kedua negara adalah ledakan dua buah bom di kota Reyhanli di perbatasan Turki-Suriah yang menewaskan 46 orang. Kota ini diketahui tidak hanya menampung ribuan pengungsi Suriah, tetapi juga menjadi basis kelompok pemberontak anti-Assad.

 



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X