Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2013, 20:58 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Angkatan bersenjata Turki, Senin (13/5/2013), mengatakan telah kehilangan kontak dengan salah satu jet tempur F-16 yang tengah melintas di Osmaniya kota di wilayah selatan dekat dengan perbatasan Suriah.

Tim penyelamat langsung dikirim ke lokasi kontak terakhir pesawat tempur itu. Demikian pernyataan militer Turki seperti dikutip Reuters.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa yang terjadi dengan pesawat jet F-16 itu. Militer Turki hanya mengatakan pilot pesawat itu selamat karena sempat melompat keluar kokpit.

Sejumlah sumber yang dikutip stasiun televisi NTV menduga kemungkinan besar hilangnya F-16 ini adalah sebuah kecelakaan.

Kecurigaan F-16 Turki itu jatuh akibat ditembak Suriah sempat mencuat. Terlebih lagi, pada Juni 2012, Suriah pernah menembak jatuh sebuah jet F-4 milik Turki di lepas pantai Suriah.

Saat itu, Suriah berkilah hanya membela diri dan tidak mengetahui jika pesawat jet itu adalah milik Turki. Namun, Turki mengatakan pesawat itu sangat mudah diidentifikasi dan tengah terbang di wilayah udara internasional.

Hubungan kedua negara memburuk sejak perang saudara berkecamuk di Suriah sekitar dua tahun lalu.

Turki kini bahkan menampung pasukan pemberontak dan pengungsi Suriah di wilayahnya. Selain itu, Turki juga berulang kali meminta agar Presiden Bashar al-Assad melepaskan jabatannya.

Insiden terbaru yang melibatkan kedua negara adalah ledakan dua buah bom di kota Reyhanli di perbatasan Turki-Suriah yang menewaskan 46 orang. Kota ini diketahui tidak hanya menampung ribuan pengungsi Suriah, tetapi juga menjadi basis kelompok pemberontak anti-Assad.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com