Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Akui Dalangi Dua Serangan Terakhir

Kompas.com - 13/05/2013, 18:05 WIB

KANO, KOMPAS.com — Pemimpin kelompok milisi Nigeria Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas dua insiden berdarah di wilayah timur laut Nigeria belum lama ini.

Pernyataan Boko Haram ini terdapat dalam sebuah video yang diperoleh AFP, senin (13/5/2013).

Dalam video itu, Abubakar Shekau, pimpinan Boko Haram, nampak duduk di atas sebuah karpet dengan sepucuk senapan serbu AK-47 tersandar di belakang bahu kanannya.

"Kami yang melakukan serangan di Bama," kata Shekau dalam bahasa Hausa, merujuk serangan 7 Mei yang menewaskan 55 orang sebagian besar tentara dan polisi.

"Kami juga yang menyerang Baga," tambah dia mengacu pada serangan 16 April di sebuah kota dekat Danau Chad yang berujung baku tembak dengan militer yang menewaskan 200 orang.

Shekau, masih dalam video itu, juga menuding militer yang menyebabkan banyak korban tewas di Baga setelah membakar sejumlah rumah.

"Kalianlah, para agen pemerintah yang memasuki kota sehari sesudah baku tembak dan mulai membakar rumah dan membunuh warga," ujar Shekau.

Ketika video memasuki menit ke-12, layar kemudian berpisah. Di layar baru terlihat Shekau duduk bersama sekelompok perempuan dan anak-anak di sebelah kanannya.

Shekau mengatakan, kelompok perempuan dan anak-anak itu disandera sebagai balasan untuk militer yang menahan keluarga sejumlah anggota Boko Haram.

"Selama kami tidak melihat perempuan dan anak-anak kami, kami tak akan melepaskan perempuan dan anak-anak ini," kata Shekau.

Sementara itu, militer Nigeria menolak laporan yang menyatakan parjurit Nigeria terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan. Militer menyatakan hanya terdapat 37 korban tewas di Baga, termasuk 30 anggota milisi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com