Kompas.com - 13/05/2013, 18:05 WIB
EditorErvan Hardoko

KANO, KOMPAS.com — Pemimpin kelompok milisi Nigeria Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas dua insiden berdarah di wilayah timur laut Nigeria belum lama ini.

Pernyataan Boko Haram ini terdapat dalam sebuah video yang diperoleh AFP, senin (13/5/2013).

Dalam video itu, Abubakar Shekau, pimpinan Boko Haram, nampak duduk di atas sebuah karpet dengan sepucuk senapan serbu AK-47 tersandar di belakang bahu kanannya.

"Kami yang melakukan serangan di Bama," kata Shekau dalam bahasa Hausa, merujuk serangan 7 Mei yang menewaskan 55 orang sebagian besar tentara dan polisi.

"Kami juga yang menyerang Baga," tambah dia mengacu pada serangan 16 April di sebuah kota dekat Danau Chad yang berujung baku tembak dengan militer yang menewaskan 200 orang.

Shekau, masih dalam video itu, juga menuding militer yang menyebabkan banyak korban tewas di Baga setelah membakar sejumlah rumah.

"Kalianlah, para agen pemerintah yang memasuki kota sehari sesudah baku tembak dan mulai membakar rumah dan membunuh warga," ujar Shekau.

Ketika video memasuki menit ke-12, layar kemudian berpisah. Di layar baru terlihat Shekau duduk bersama sekelompok perempuan dan anak-anak di sebelah kanannya.

Shekau mengatakan, kelompok perempuan dan anak-anak itu disandera sebagai balasan untuk militer yang menahan keluarga sejumlah anggota Boko Haram.

"Selama kami tidak melihat perempuan dan anak-anak kami, kami tak akan melepaskan perempuan dan anak-anak ini," kata Shekau.

Sementara itu, militer Nigeria menolak laporan yang menyatakan parjurit Nigeria terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan. Militer menyatakan hanya terdapat 37 korban tewas di Baga, termasuk 30 anggota milisi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.