Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Orang Taiwan Protes Filipina

Kompas.com - 13/05/2013, 17:05 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com — Sekitar 200 orang warga Taiwan, Senin (13/5/2013), menggelar aksi unjuk rasa untuk memprotes penembakan hingga tewas salah seorang nelayannya oleh patroli penjaga pantai Filipina, Kamis (9/5/2013) lalu.

Unjuk rasa digelar di depan kantor perwakilan Filipina di Taipei, sehari setelah pemerintah negeri itu secara resmi mengultimatum Pemerintah Filipina untuk segera meminta maaf.

Dalam pernyataan resmi sebelumnya, pemimpin Taiwan, Ma Ying-jeou, juga meminta Pemerintah Filipina mengungkap insiden itu, menghukum pelaku penembakan, serta memberi kompensasi kepada keluarga korban tewas.

Penembakan terjadi di perairan Selat Bashi, yang selama ini dipersengketakan oleh kedua negara. Filipina mengklaim perairan itu masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)-nya.

Filipina menolak meminta maaf karena menganggap tembakan dilepaskan untuk membela diri setelah kapal nelayan Taiwan berusaha menabrak kapal patrolinya.

Selain itu, Filipina juga menganggap kapal-kapal nelayan Taiwan melanggar perbatasan dan mencuri ikan di perairan milik Filipina. Semua itu dibantah oleh pihak Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com