Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Hemas Kunjungi Keluarga Korban Perkosaan

Kompas.com - 11/05/2013, 20:59 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Korban perkosaan, pembunuhan, dan pembakaran Siswi SMK Ria Pustipa Restanti (16) menjadi perhatian dan keprihatinan banyak pihak. Termasuk permaisuri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

GKR Hemas mengunjungi keluarga Ria di Dusun Medelan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Sabtu (11/5/2013), sekitar pukul 13.00 WIB.

Rombongan GKR Hemas menggunakan dua mobil sampai di rumah keluarga Ria. Tak selang beberapa lama wakil Bupati Sleman Yuni Setia Rahayu sampai di rumah korban. Mereka lantas melakukan perbincangan dengan kedua orang tua almarhum yakni Setyo Hidayat dan Rismiyati.

Saat ditemui seusai melakukan pembicaraan, GKR Hemas menyampaikan turut berduka cita dan sekaligus prihatin atas peristiwa yang menimpa Ria, gadis yang selama ini sangat berprestasi di sekolahnya dan menjadi kebanggan keluarga.

"Apa yang dilakukan oleh para pelaku memang sangat keji dan kejam," terangnya.

Ia menyatakan kedatanganya ke keluarga Ria untuk memberikan dukungan moril. Selain itu juga mendengarkan keluh kesah keluarga terkait proses hukum yang saat ini sedang berlangsung.

"Saya berjanji akan mengikuti dan turut mengawal psoses hukum bahkan sampai pengadilan nanti," tegasnya.

GKR hemas juga mengungkapkan, keluarga Ria meminta Polisi bisa transparan dan terbuka dalam melakukan penyelidikan. Keluarga juga ingin agar para pelaku di hukum seberat-beratnya.

"Tadi mereka bercerita semuanya tentang apa yang mereka inginkan dan harapkan dan nanti akan saya sampaikan," ujarnya.

Ia juga berharap agar para pelaku tindak kekerasan, bahkan pembunuhan terhadap perempuan dan anak-anak di hukum seumur hidup. Pasalnya hukuman yang ada saat ini tergolong sangat ringan bagi pelaku.

"Harus ada revisi hukum soal kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak. Hukuman yang ada di undang-undang saat ini masih tergolong ringan," paparnya.

Sementara itu ayah Ria, Setyo Hidayat mengaku bahagia telah di kunjungi GKR Hemas. Terlebih lagi Ia dan keluarga bisa mengungkapkan apa yang diharapkan.

"Saya yang orang desa, bisa dikunjungi Ratu GKR Hemas, ini sebuah kebahagiaan bagi keluarga kami," ucapnya.

Setyo berharap apa yang di utarakannya kepada GKR Hemas bisa di sampaikan kepada pihak-pihak terkait.

"Tadi saya juga meminta perlindungan agar keluarga saya tidak diteror apa diancam oleh keluarga pelaku," kata Setyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com