Kompas.com - 10/05/2013, 22:56 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

LONDON, KOMPAS.com- Sepasang sandal milik pahlawan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi, akan dilelang di Inggris akhir bulan ini. Rumah lelang Mullock menjelaskan, sandal kulit milik Gandhi akan dilelang pada 21 Mei, dan diharapkan akan laku terjual 15.000 poundsterling atau sekitar Rp 230 juta sekalipun dalam kondisi ekonomi yang kurang memadai.

Sandal ini merupakan satu dari sejumlah besar koleksi peringatan akan Mahatma Gandhi yang ditawarkan. Lelang berlangsung di rumah lelang Mullock di Shropshire di Inggris tengah.

Salah satu benda yang akan dijual yakni tulisan tangan in a neat secretarial hand yang ditandatangani langsung oleh Gandhi dan dibuat di Gujerati. Surat ini diharapkan laku 40.000 poundsterling.

Rumah lelang ini sebagaimana dikutip kantor berita AFP menyebutkan, sandal ini datang dari rumah kediaman Gandhi di Juhu, India Barat, di mana dia tinggal antara 1917 sampai tahun 1934. Sandal Gandhi ini merupakan salah satu ciri khas Gandhi sebagaimana juga kacamatanya, jam gantung dan syal.

Sandal ini acapkali menjadi ikon bagi tokoh kemerdekaan India ini. Sepasang sandal Gandhi dan juga jam kantong, piring dan gelas milik Gandhi laku terjual 1,8 juta dollar AS, dibeli seorang pengusaha India dalam sebuah lelang di New York, AS pada tahun 2009.

Mahatma alias Jiwa Besar bernama lengkap Mohanchand Karamds Gandhi, selalu mengampanyekan aksi tanpa kekerasan menetang kolonialisme Inggris di India. Aksinya ini sampai India meraih kemerdkeaan dari Inggris pada tahun 1947.

Dia tewas ditembak seorang pemeluk Hindu garis keras di New Delhi tahun 1948.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X