Kompas.com - 10/05/2013, 19:32 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang mahasiswa Arab Saudi harus menjalani pemeriksaan, sementara apartemennya diperiksa kepolisian Michigan setelah dia terlihat membawa sebuah panci presto.

Polisi dikabarkan mendapatkan telepon dari tetangga mahasiswa itu, yang melihatnya membawa sebuah panci presto mirip dengan yang digunakan Tamerlan bersaudara dalam tragedi bom Boston.

"Saya sedang sarapan ketika polisi datang dan mengatakan mereka ingin saya menjawab sejumlah pertanyaan di kantor polisi," kata Talal Al Rooqi kepada harian terbitan Arab Saudi, Okaz.

"Saya kebingungan karena tidak melakukan kesalahan apa pun, dan tidak ada yang saya sembunyikan. Pertanyaan mereka seputar kuliah yang saya ambil, tanggal kedatangan saya ke AS, dan aktivitas di luar jam kuliah," tambah Rooqi.

Saat Rooqi bertanya tentang penyebab dia harus menjalani pemeriksaan, polisi hanya mengatakan terkait laporan seorang saksi mata.

"Polisi menanyai saya apakah saya membawa sebuah panci presto ke suatu tempat. Saya mengatakan kepada polisi, orang Saudi biasa memiliki panci presto untuk memasak nasi. Saya membawanya ke apartemen seorang kawan untuk makan malam bersama," papar Rooqi.

"Saya katakan panci itu saya bawa pulang kembali. Polisi lalu ingin melihatnya. Setelah melihat panci itu, polisi minta saya berhati-hati jika membawa benda seperti itu di ruang publik," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rooqi mengatakan, dia langsung menghubungi Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington DC setelah polisi meninggalkan apartemennya.

"Seorang pejabat Saudi mengatakan, mereka menerima sejumlah laporan dari banyak mahasiswa Saudi yang apartemennya diperiksa seusai ledakan bom Boston. Namun, dia mengatakan kalau hal yang saya alami sangat unik dan lucu," ujar Rooqi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.