Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reshmi Selamat Meski 16 Hari Tertimbun Reruntuhan

Kompas.com - 10/05/2013, 18:24 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Keajaiban kembali terjadi di tengah musibah runtuhnya gedung Rana Plaza yang menewaskan lebih dari 1.000 pekerja pabrik garmen di Dhaka, Banglades.

Tim penyelamat, Jumat (10/5/2013), berhasil menyelamatkan seorang korban perempuan yang masih hidup meski tertimbun reruntuhan selama 16 hari.

Mujizat itu terjadi tak lama setelah tim penyelamat memastikan perempuan bernama Reshmi ditemukan setelah tim mendengarnya berteriak meminta tolong.

Stasiun televisi Somoy TV melaporkan Reshmi ditemukan berlindung di reruntuhan mushalla gedung yang terletak di ruang bawah tanah.

Para anggota tim penyelamat bersorak gembira saat Reshmi masih sempat melempar senyuman ke arah para penolong dan warga saat dibawa masuk ke dalam ambulans.

Kepala dinas pemadam kebakaran Banglades, Ahmed Ali mengatakan, Reshmi berhasil mendapatkan air bersih saat dia terjebak selama 16 hari di reruntuhan gedung itu.

"Dia berada di antara reruntuhan tiang. Dia kemungkinan besar mendapatkan air bersih atau meminum air yang kami pompakan ke dalam reruntuhan," kata Ali.

Salah seorang anggota tim penyelamat mengatakan perempuan itu berteriak minta tolong saat tim penyelamat tengah memindahkan puing-puing bangunan yang runtuh di Savar, pinggiran kota Dhaka itu.

"Saat kami tengah membersihkan puing, kami mendengar teriakannya, dan kami bertanya ke arah suara itu," kata salah seorang penyelamat kepada Somoy TV.

"Lalu kami mendengar dia berkata 'Tolong saya, tolong saya'," kata dia.

Seorang penyelamat lain mengatakan Reshmi menemukan makanan di malam pertamanya di bawah reruntuhan. Namun, makanan itu habis dua hari lalu.

"Dia mengatakan sudah tidak makan selama dua hari. Dia selama ini makan makanan kering seperti biskuit," kata anggota tim penyelamat itu.

"Dia mengatakan menemukan tempat aman dan menemukan air serta cahaya," tambah anggota tim penyelamat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com