Kompas.com - 10/05/2013, 18:24 WIB
EditorErvan Hardoko

DHAKA, KOMPAS.com - Keajaiban kembali terjadi di tengah musibah runtuhnya gedung Rana Plaza yang menewaskan lebih dari 1.000 pekerja pabrik garmen di Dhaka, Banglades.

Tim penyelamat, Jumat (10/5/2013), berhasil menyelamatkan seorang korban perempuan yang masih hidup meski tertimbun reruntuhan selama 16 hari.

Mujizat itu terjadi tak lama setelah tim penyelamat memastikan perempuan bernama Reshmi ditemukan setelah tim mendengarnya berteriak meminta tolong.

Stasiun televisi Somoy TV melaporkan Reshmi ditemukan berlindung di reruntuhan mushalla gedung yang terletak di ruang bawah tanah.

Para anggota tim penyelamat bersorak gembira saat Reshmi masih sempat melempar senyuman ke arah para penolong dan warga saat dibawa masuk ke dalam ambulans.

Kepala dinas pemadam kebakaran Banglades, Ahmed Ali mengatakan, Reshmi berhasil mendapatkan air bersih saat dia terjebak selama 16 hari di reruntuhan gedung itu.

"Dia berada di antara reruntuhan tiang. Dia kemungkinan besar mendapatkan air bersih atau meminum air yang kami pompakan ke dalam reruntuhan," kata Ali.

Salah seorang anggota tim penyelamat mengatakan perempuan itu berteriak minta tolong saat tim penyelamat tengah memindahkan puing-puing bangunan yang runtuh di Savar, pinggiran kota Dhaka itu.

"Saat kami tengah membersihkan puing, kami mendengar teriakannya, dan kami bertanya ke arah suara itu," kata salah seorang penyelamat kepada Somoy TV.

"Lalu kami mendengar dia berkata 'Tolong saya, tolong saya'," kata dia.

Seorang penyelamat lain mengatakan Reshmi menemukan makanan di malam pertamanya di bawah reruntuhan. Namun, makanan itu habis dua hari lalu.

"Dia mengatakan sudah tidak makan selama dua hari. Dia selama ini makan makanan kering seperti biskuit," kata anggota tim penyelamat itu.

"Dia mengatakan menemukan tempat aman dan menemukan air serta cahaya," tambah anggota tim penyelamat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.