Kompas.com - 10/05/2013, 05:35 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 BEIJING, KOMPAS.com- Tampilnya cucu Mao Zedong, bapak pendiri China komunis, dalam daftar orang terkaya di China, mengundang protes dan komentar sinis di seluruh China, Kamis (9/5/2013).

Padahal, Mao Zedong menganjurkan kehidupan sosial. Cucu Mao ini juga punya tiga anak, melanggar ketentuan satu anak yang diterapkan pemerintah China.

Sang cucu, Kong Dongmei kini hampir berusia 40 tahun dan suaminya Chen Gongsheng masuk dalam peringkat 242 individu terkaya di China, dengan kekayaan sekitar lima miliar yuan atau sekitar Rp 7,5 triliun.

Nama mereka masuk dalam daftar orang kaya China yang dirilis majalah finansial China, New Fortune bulan ini.

Kong adalah cucu Mao dari istri ketiganya He Zizhen. Tahun 2001, dia mendirikan toko buku di Beijing yang menerbitkan publikasi soal Mao dan "Kebudayaan Merah".

Hal ini dilakukan setelah dia lulus dari Universitas Pennsylvania di AS. Tahun 2011, Kong menikah dengan Chen yang memiliki perusahaan asuransi, perusahaan lelang, dan perusahaan distribusi.

Hal ini setelah mereka terus menjaga hubungan cinta mereka selama 15 tahun. Pasangan ini punya dua putri dan seorang pria sebagaimana dilaporkan New Fortune.

Posisi ini mengundang kritis sinis dari seluruh China karena melanggar peraturan satu anak di seluruh China yang sudah berlangsung 30 tahun.

Banyak kritik menyebutkan kekayaan cucu Mao ini melanggar apa yang dianjurkan sang pemimpin China Mao dengan revolusi soal dan pro kaum kecil.

Kong dikecam karena menikah dengan seorang kapitalis dan melarang kebijakan keluarga berencana China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.