Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Bayar Jaminan Rp 80 Miliar, Castro Langsung Ditahan

Kompas.com - 09/05/2013, 23:21 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com — Pengadilan di Cleveland, Ohio, Kamis (9/5/2013), memerintahkan mantan pengemudi bus Ariel Castro (52) ditahan atas tuduhan menculik, menyekap, dan memerkosa tiga perempuan di rumahnya selama satu dekade.

Penahanan Castro bisa ditangguhkan, tetapi pengadilan meminta uang jaminan sebesar 8 juta dollar AS atau hampir Rp 80 miliar. Karena tak bisa memenuhi uang jaminan, Castro langsung dikirim ke lembaga pemasyarakatan dan diawasi ketat, termasuk mengawasi kemungkinan dia melakukan bunuh diri.

Jaksa penuntut Kathleen DeMetz dalam sidang mengatakan, Castro dijerat tiga tuduhan penculikan dan pemerkosaan dan satu tuduhan penculikan.

Terkait penetapan uang jaminan yang sangat tinggi, jaksa penuntut Brian Murphy mengatakan, keputusan itu secara efektif membuat penahanan Castro tak bisa ditangguhkan dan dia tak bisa menunda-nunda jalannya sidang.

Murphy juga mengatakan, tuntutan berlapis yang menjerat Castro sangat wajar karena didasarkan pada kondisi para korban penculikannya.

"Dua dari korbannya menjalani kondisi yang mengerikan selama lebih dari satu dekade. Korban ketiga disekap hampir satu dekade dan bahkan melahirkan satu anak perempuan," kata Murphy.

"Ketiga korban juga kerap dipukuli selama dalam penyekapan. Mereka diikat dan dirantai, mengalami pelecehan seksual, dan tak pernah meninggalkan rumah itu," tambah Murphy.

Pada 2005, Castro pernah diadukan ke pengadilan karena kerap memukuli mantan istrinya, Grimilda Figueroa, yang meninggal dunia tahun lalu. Castro juga kerap "menculik" kedua putrinya, tetapi tak pernah menerima hukuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com