Kompas.com - 09/05/2013, 10:03 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

MOSKOW, KOMPAS.com - Kremlin menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron pada 10 Mei 2013. Keduanya akan membahas situasi terakhir di Suriah.

"Tentu saja, Suriah akan diprioritaskan dalam pertemuan, karena situasinya yang sulit," kata Juru Bicara Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, Rabu (8/5/2013). Namun pertemuan juga akan membicarakan hubungan bilateral kedua negara.

Terpisah, Cameron berbicara di depan parlemennya menyatakan bahwa ia akan berangkat ke Rusia untuk membicarakan situasi Suriah. "Ada kebutuhan mendesak untuk memulai negosiasi yang tepat, untuk memaksa transisi politik dan mengakhiri konflik (di Suriah) ini," kata dia.

Cameron menegaskan keraguan untuk membicarakan masalah ini harus ditepis. "Di Suriah kekejaman terus meningkat," katanya sembari mengatakan ia akan berangkat ke Rusia pada Jumat (10/5/2013).

Konfrontasi bersenjata terus berlangsung di Suriah sejak Maret 2011. Lebih dari 70.000 orang tewas sepanjang konflik di negara tersebut. Krisis politik juga diikuti dengan bencana kemanusiaan serius.

Menurut PBB, lebih dari lima juta orang di Suriah butuh bantuan makanan, kebutuhan pokok, dan bantuan medis. Setidaknya satu juta orang juga sudah mengungsi keluar Suriah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X