Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Jatuh ke Sungai di India, 33 Tewas

Kompas.com - 08/05/2013, 22:40 WIB

SHIMLA, KOMPAS.com — Setidaknya 33 orang tewas ketika sebuah bus yang kelebihan penumpang tergelincir dan jatuh ke sungai di kawasan utara India, Rabu (8/5/2013).

Kecelakaan maut itu terjadi di resor wisata populer Kullu, sekitar 250 kilometer dari ibu kota Negara Bagian Himachal Pradesh, Shimla.

"Sejauh ini, 33 jenazah sudah ditemukan dari Sungai Beas. Selain itu, 14 orang terluka dan saat ini sudah berada di rumah sakit," kata kepala polisi setempat, RS Negi.

Negi menambahkan, jumlah korban tewas dikhawatirkan meningkat karena sejumlah korban diduga hanyut terbawa arus sungai Beas yang deras.

Sejauh ini, kepolisian belum mengetahui dengan pasti jumlah penumpang bus naas yang tengah menempuh perjalanan menuju sebuah desa dari kota Kullu itu.

Kecelakaan ini adalah kecelakaan lalu lintas paling parah di India sejak Maret lalu ketika 37 orang tewas setelah sebuah bus terjun bebas dari sebuah jembatan ke sebuah sungai di Maharashtra.

Sepanjang 2011, 131.834 orang tewas dalam berbagai kecelakaan lalu lintas di India. Demikian data dari Biro Rekaman Data Kriminal Nasional.

Buruknya kualitas jalan raya, aksi ugal-ugalan di jalan raya, dan jeleknya kemampuan mengemudi merupakan beberapa faktor yang penyebab kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus dan mengakibatkan korban luka di atas 10 orang kerap terjadi.

Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa delapan persen korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi atau penumpang bus, sedangkan 32 persen korban tewas lain adalah para pengendara sepeda motor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com