Kompas.com - 08/05/2013, 21:43 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Pemerintah Filipina masih terus mengupayakan pemulangan seluruh warganya dari Suriah lantaran makin tak menentunya krisis berdarah di negeri itu. "Situasinya makin tak menentu bahkan cenderung makin memburuk,"begitu alasan Departemen Luar Negeri Filipina (DFA) dalam pernyataannya pada Rabu (8/5/2013).

Menurut warta AP, mengutip data Kedutaan Besar (Kedubes) Filipina untuk Suriah di Damaskus sudah ada 4.131 warga Filipina yang berhasil dibawa ke lokasi aman. Kekerasan berdarah lantaran perang saudara merebak di Suriah sejak Maret 2011.

Pihak DFA mengatakan pula masih ada sekitar 3.000 warga Filipina lainnya yang belum ditempatkan di kawasan aman. "Kami masih menanti kondisi aman untuk melanjutkan ke proses pemulangan,"kata DFA.

Termutakhir, Kedubes Filipina sudah memindahkan 120 warga Filipina dari Damaskus ke Kedubes Filipina di Beirut, ibu kota Lebanon. Menurut rencana, mereka akan bertolak ke kampung halaman dari Beirut dan tiba di Manila pada Kamis (9/5/2013).

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X