Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bebaskan Ulama Senior Jerusalem

Kompas.com - 08/05/2013, 21:02 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Kepolisian Israel, Rabu (8/5/2013), membebaskan ulama Muslim ternama Jerusalem, setelah sempat ditahan dan ditanyai seputar "keributan" di sebuah situs suci Jerusalem yang disengketakan.

Juru bicara kepolisian Israe Micky Rosenfeld mengatakan, ulama Jerusalem, Mohammed Hussein, sudah dibebaskan pada Rabu sore.

Polisi menahan Hussein terkait keributan di sebuah lokasi di puncak bukit di kota tua Jerusalem yang masih menjadi sengketa.

Umay Yahudi menyebut tempat itu sebagai Kuil Gunung, sementara Muslim menyebutnya sebagai Harem al-Sharif. Puncak bukit itu adalah tempat Masjid Al-Aqsa berada.

Warga Palestina mengecam penangkapan itu, sementara parlemen Jordania menyerukan agar Kerajaan Jordania mengusir duta besar Israel di Amman.

Penahanan Hussein terjadi pada Jerusalem Day, yaitu saat Israel memperingati "Reunifikasi" kota itu setelah Israel merebut wilayah timur kota itu dari Yordania dalam Perang Enam Hari tahun 1967.

Israel kemudian mencaplok Yerusalem timur dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui masyarakat internasional.

Ribuan warga Israel akan mengadakan pawai dan demonstrasi di seluruh kota itu pada Rabu ini, dan Rosenfeld mengatakan "ribuan polisi dikerahkan di dan sekitar Yerusalem dan kota tua sebagai antisipasi untuk acara tahunan itu."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com