Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Ahmadinejad, dari Jaket Poliester hingga Setelan Mahal

Kompas.com - 08/05/2013, 14:47 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Pada 2005, saat Mahmoud Ahmadinejad mencalonkan diri menjadi presiden Iran, sosok mantan Wali Kota Teheran itu sangat dikenal dengan penampilannya yang bersahaja.

Saat itu, Ahmadinejad lekat dengan ciri khasnya, sebuah kapshan (jaket) poliester putih. Para pendukungnya mengatakan, penampilan bersahaja itu menunjukkan Ahmadinejad benar-benar tokoh wong cilik.

Namun, tak sedikit yang mengkritik penampilan apa adanya Ahmadinejad. Para pengkritiknya mengatakan penampilan Ahmadinejad bisa menjatuhkan citra Iran di mata dunia.

Namun, Ahmadinejad tampaknya tidak peduli dengan mereka yang mengkritik penampilannya. Dalam satu tahun pertamanya, Ahmadinejad mempertahankan jaket putih kesayangannya itu.

Namun, dengan posisinya sebagai orang nomor satu Iran yang kerap berhubungan dengan para pemimpin dunia, Ahmadinejad akhirnya harus rela "menyingkirkan" jaket putih kesayangannya itu.

Jaket putih dengan lubang di bawah lengan kirinya itu berakhir di pelelangan dan terjual dengan harga yang cukup mahal lebih dari 52.000 dollar AS.

Setelah melepas jaket kebesarannya, Ahmadinejad mulai mengenakan setelan-setelan berkelas dari para penjahit kelas atas, baik asal Iran maupun luar negeri.

Perubahan gaya berpakaian ini ternyata tak luput dari perhatian para politisi Iran.

"Karakteristik Ahmadinejad telah berubah. Jaketnya telah diganti dengan setelan mahal," kata seorang mantan anggota parlemen, Mostafa Reza Ghotabadi.

Nah, di saat Iran bersiap menghadapi pemilihan presiden, Ahmadinejad kembali ke selera asalnya, yaitu jaket poliester putih.

Meski pria berusia 57 tahun itu tak lagi bisa mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga, Ahmadinejad masih disibukkan dengan kunjungan ke daerah.

Kesibukannya ini tak lepas untuk mempromosikan kandidat yang diharapkan Ahmadinejad sebagai penerusnya, Esfandiar Rahim Masheri.

Namun, saat kembali ke Teheran, Ahmadinejad kembali mengenakan setelan mahalnya. Seperti saat menutup konferensi ulama dan kebangkitan Islam pekan lalu, Ahmadinejad memilih mengenakan setelan kemeja gaya Italia berwarna gelap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com