Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Satu Juta Bayi Mati Saat Lahir

Kompas.com - 07/05/2013, 23:47 WIB
Pieter P Gero

Penulis

NAIROBI, KOMPAS.com - Lebih dari satu juta bayi di Afrika meninggal dunia pada hari dilahirkan dan berlangsung setiap tahun.

Mengutip laporan "Surviving the First Day" darti kelompok bantuan Save the Children yang dikeluarkan di Nairobi, Kenya, hari Selasa (7/5/2013), disebutkan bahwa ada 14 negara mencatat tingkat kematian bayi pada hari kelahirannya di seluruh negara Afrika.

Kantor berita AP hari Selasa melaporkan, Somalia, Kongo, Mali, Sierra Leone, dan Republik Afrika Tengah merupakan lima negara di Afrika dengan tingkat kematian bayi pada hari kelahirannya.

Perawatan kesehatan bagi kaum ibu di kawasan sub sahara Afrika sungguh tidak memadai. Secara rata-rata, hanya setengah perempuan di kawasan itu yang mendapat perawatan keahlian selama kelahiran.

Di seluruh kawasan itu hanya ada 11 dokter, perawat dan bidan untuk 10.000 penduduk. Kurang dari setengah keadaan kritis dari abang batas 23 secara umum terutama karena tidak mendapat layanan kesehatan yang memadai.

Jumlah bayi yang meninggal di Somalia yang melanda perang saudara selama 20 tahun ini, praktis sangat sedikit memiliki pelayanan kesehatan dan bantuan pemerintahan. Sekitar 18 bayi dari 1.000 kelahiran bayi di Somalia meninggal pada hari mereka lahir. Sekitar 5 persen bayi meninggal dalam usia satu bulan, dan satu dari enam bayi tidak hidup melebihi usia lima tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com