Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Tersangka Baru Bom Boston Dilepas dengan Jaminan

Kompas.com - 07/05/2013, 18:49 WIB
BOSTON, KOMPAS.com — Seorang pemuda 19 tahun yang merupakan teman tersangka bom Boston, Dzhokhar Tsarnaev, dibebaskan dengan jaminan 100.000 dollar AS, Selasa (7/5/2013), sembari menunggu sidang untuk tuduhan berbohong kepada tim penyidik kasus bom Boston.

Robel Philippos, yang keluarganya beremigrasi dari Etiopia, kini menjalani tahanan rumah di bawah pengawasan ibunya. Robel juga diharuskan mengenakan gelang khusus untuk memantau keberadaannya.

Robel yang mengenal kedua Tsarnaev di kampus Universitas Massachusetts di Dartmouth itu bisa mendekam di penjara selama delapan tahun jika semua tuduhan terbukti.

Robel pada pekan lalu dituduh berbohong kepada aparat ketika menyangkal bahwa dia pernah bergabung dengan kedua temannya yang berasal dari Kazakhstan di kamar asrama Tsarnaev bersaudara ketika mereka tengah melarikan diri dari kejaran polisi setelah melakukan aksinya.

Ketiga pemuda ini dituduh memasuki kamar Tsarnaev yang kosong. Kemudian kedua pemuda Kazakhstan itu, Azamat Tazhayakov dan Dias Kadyrbayev, mengambil tas ransel laptop milik Tsarnaev.

Namun, begitu mengetahui Tamerlan dan Dzhokhar menjadi tersangka bom Boston, mereka memutuskan untuk membuang barang bukti itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com