Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Kalahkan Boeing untuk Order Pesawat Januari-April

Kompas.com - 07/05/2013, 18:47 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pabrikan pesawat Eropa, Airbus, berhasil mengalahkan Boeing dalam hal jumlah order pesawat untuk periode Januari-April 2013.

Berdasarkan data yang dirilis dua pabrikan tersebut, Selasa (7/5/2013), jumlah order pesawat yang dibukukan Airbus mencapai 493 pesanan, sedangkan pada saat yang bersamaan, pabrikan pesawat AS, Boeing, hanya mencatatkan 255 pesanan.

Besarnya pesanan yang diraup Airbus itu tidak terlepas dari kesepakatan bisnis yang dilakukan sebulan lalu dengan Turkish Airlines. Maskapai pelat merah Turki itu telah memesan 82 pesawat A320, yang sebagian besar adalah versi Neo, yang diklaim paling irit di kelasnya. Maskapai penerbangan itu juga memiliki opsi menambah pesanan sebanyak 35 pesawat serupa untuk pengiriman hingga tahun 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Airbus juga mengumumkan bahwa perseroan telah mengirimkan 202 pesawat pada periode empat bulan pertama tahun ini. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 10 persen dari periode yang sama 2012.

Sementara itu, Boeing, yang tahun lalu sempat mengalahkan Airbus, harus terganjal oleh banyaknya permasalahan karena masalah teknis yang terjadi pada Boeing 787 Dreamliner. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini hanya berhasil mengirimkan 183 pesawat pada periode Januari-April 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com