Kompas.com - 07/05/2013, 14:45 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com — Lima orang dikhawatirkan tewas setelah salah satu gunung api paling aktif di Filipina, Gunung Mayon, di Provinsi Albay, meletus dan memuntahkan awan abu raksasa, Selasa (7/5/2013).

Kepala Dewan Manajemen dan Penanggulangan Bencana Nasional Eduardo del Rosario mengatakan, Pemerintah Provinsi Albay melaporkan, sekitar 20 orang pendaki gunung dan pemandunya, termasuk sejumlah warga asing, berada di sekitar gunung berketinggian 2.460 meter itu ketika meletus.

"Lima tewas dan tujuh terluka. Itu laporan terakhir yang kami terima," kata Del Rosario.

"Kami belum memiliki identitas korban tewas atau luka. Kami juga belum tahu apakah korban adalah warga asing atau lokal," tambah dia.

Jumlah korban yang sama juga disampaikan Gubernur Albay, Joey Salceda.

Marti Calleja, seorang penyelenggara wisata setempat, mengatakan, perusahaannya sudah meminta bantuan untuk mencari lima warga asing yang mendaki Gunung Mayon, beberapa saat sebelum gunung itu meletus.

"Gunung itu meletus tiba-tiba tanpa tanda-tanda sebelumnya," kata Calleja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelompok pendaki itu, tambah Calleja, terjebak sekitar setengah kilometer di bawah kawah gunung.

Sementara itu, Kepala Pusat Seismologi Nasional Renato Solidum mengatakan, warga di sekitar gunung belum perlu diungsikan akibat letusan ini.

"Ini hanya sebuah kejadian kecil ketika sebuah ledakan kecil akibat tekanan uap di mulut kawah bertemu air hujan," kata Solidum.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.