Kompas.com - 06/05/2013, 22:55 WIB
EditorErvan Hardoko

NAYPYIDAW, KOMPAS.com — Presiden Myanmar Thein Sein, Senin (6/5/2013), dalam pidatonya berjanji akan menegakkan hak-hak mendasar warga Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine.

Pidato Presiden Thein Sein ini menyusul rilis laporan jumlah korban tewas akibat konflik sektarian yang sudah mencapai 200 orang.

"Terkait masalah Rakhinr, pemerintah akan bertanggung jawab untuk memenuhi hak-hak dasar warga Muslim dengan tidak mengabaikan hak-hak warga mayoritas," kata Thein Sein.

Negara Bagian Rakhine hingga saat ini masih terbelah setelah kekerasan sektarian besar pada Juni dan Oktober yang mengakibatkan ratusan orang tewas dan 140.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka.

Sejumlah biksu Buddha dikabarkan terlibat dalam kerusuhan ini, sementara aparat keamanan Myanmar dituding membiarkan perusuh membakar masjid dan menyerang warga Muslim.

"Saya mengakui terjadi pelanggaran hak asasi manusia di sana," kata dia.

Lebih jauh, Thein Sein mengatakan, dia akan menggunakan kekuasaan yang ada di tangannya untuk memastikan aparat keamanan mengambil langkah nyata untuk mengembalikan kedamaian dan keteraturan di Rakhine.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serangan sektarian terhadap warga Muslim—yang berjumlah empat persen dari seluruh penduduk Myanmar—seakan membuka luka yang selama ini ditutupi junta militer yang berpuluh tahun menguasai Myanmar.

Pada Maret lalu, setidaknya 43 orang tewas dan ribuan orang kehilangan tempat tinggalnya setelah kerusuhan sektarian terjadi di kota Meiktila. Kerusuhan berdarah itu dipicu perselisihan di sebuah toko emas di pusat kota Meiktila.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.