Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKI di Korsel Meninggal karena Infeksi Gigi

Kompas.com - 06/05/2013, 20:16 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja Indonesia asal Dusun Krenen Nganut Playen, Gunungkidul, DI Yogkarta meninggal dunia karena sakit di Korea Selatan.

Kabar meninggalnya Suwardiyono (37) mengagetkan keluarganya. Menurut Atmaji, adik Suwardiyono, kabar meninggalnya kakaknya itu diterima oleh Wijayanti (istri Sudarwiyono) pada Jumat (3/5/2013) malam. "Rekan-rekannya yang pada hari Jumat malam memberi kabar ke keluarga jika kakak meninggal karena sakit gigi," terang Atmaji, Senin (6/5/2013).

Atmaji menceritakan, sesuai cerita yang diterima keluarga dari rekan-rekan kakaknya, usai makan siang bersama TKI lainnya, Suwardiyono membersihkan gigi dan tanpa sengaja tusuk gigi mengenai gusi dan menyebabkan infeksi. Luka yang diderita Sudarwiyono rupanya semakin parah hingga akhirnya dia meninggal di rumah kontrakannya di Korsel.

"Tadi pagi Perusahaan Jasa Tenaga kerja Indonesia (PJTKI) dan pihak BP2TKI sudah menghubungi pihak keluarga jika jenazah diterbangkan selasa siang ini," ujarnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Eko Budiyono, mengungkapkan pihaknya belum mendapatkan laporan resmi tentang meninggalnya seorang TKI asal Gunung Kidul.

"Belum ada pemberitahun resmi mengenai meninggalnya Suwardiyono. Informasi baru kami dapatkan dari keluarganya," terang Eko.

Ia mengungkapkan pihaknya akan segera menghubungi Pemerintah Daerah DI Yogykarta dan Pemerintah Pusat untuk memastikan langkah selanjutnya. "Kita akan konfirmasi ke Pusat mengenai informasi ini, guna memastikan langkah selanjutnya," pungkas Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com