Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswi Sekolah Swasta Saudi Diizinkan Ikuti Pelajaran Olahraga

Kompas.com - 06/05/2013, 19:01 WIB

RIYADH, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan Arab Saudi akhirnya memperbolehkan para siswi sekolah-sekolah swasta di negeri itu mengikuti pelajaran olahraga.

Keputusan bersejarah itu diumumkan ke seluruh jajaran Kementerian Pendidikan Arab Saudi oleh Menteri Pendidikan Pangeran Faisal Bin Abdullah, yang dikenal sebagai pendukung peningkatan ilmu pengetahuan dan kesehatan warga.

"Olahraga adalah hak bagi pemuda dan pemudi selama masih sesuai aturan dan moral," ujar Pangeran Faisal kepada wartawan, akhir pekan lalu.

"Tak ada eksistensi perempuan tanpa pria. Demikian pula pria, mereka tidak akan eskis tanpa perempuan. Kami harap olahraga yang dilakukan tetap dalam konteks yang sesuai dengan kita," tambah Pangeran Faisal.

"Jika kita benar-benar memahami pentingnya ilmu pengetahuan dan olahraga, maka saya yakin tak ada yang keberatan," tambah sang pangeran seperti dikutip harian Al Eqtisadiah.

Meski demikian, lingkaran dalam Kementerian Pendidikan masih bersikukuh untuk menerapkan serangkaian persyaratan terkait aktivitas olahraga para siswi di sekolah.

Kementerian mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan prinsip-prinsip keagamaan yang memperbolehkan perempuan terlibat kegiatan olahraga yang sesuai dengan aturan agama.

Sekolah-sekolah harus memiliki perlengkapan yang sesuai untuk kegiatan olahraga, dan akan dipastikan bahwa para siswi tetap mengenakan pakaian yang pantas. Demikian Kementerian Pendidikan.

Meski secara umum perempuan Arab Saudi dilarang melakukan kegiatan olahraga di ruang publik atau di sekolah dan universitas, sejumlah klub kesehatan mulai dibuka di negeri itu, terutama di wilayah timur.

Namun, akibat iuran keanggotaan yang mahal, pengunjung klub-klub kesehatan ini terbatas pada kalangan elite negeri kaya minyak itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com