Kompas.com - 06/05/2013, 19:01 WIB
EditorErvan Hardoko

RIYADH, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan Arab Saudi akhirnya memperbolehkan para siswi sekolah-sekolah swasta di negeri itu mengikuti pelajaran olahraga.

Keputusan bersejarah itu diumumkan ke seluruh jajaran Kementerian Pendidikan Arab Saudi oleh Menteri Pendidikan Pangeran Faisal Bin Abdullah, yang dikenal sebagai pendukung peningkatan ilmu pengetahuan dan kesehatan warga.

"Olahraga adalah hak bagi pemuda dan pemudi selama masih sesuai aturan dan moral," ujar Pangeran Faisal kepada wartawan, akhir pekan lalu.

"Tak ada eksistensi perempuan tanpa pria. Demikian pula pria, mereka tidak akan eskis tanpa perempuan. Kami harap olahraga yang dilakukan tetap dalam konteks yang sesuai dengan kita," tambah Pangeran Faisal.

"Jika kita benar-benar memahami pentingnya ilmu pengetahuan dan olahraga, maka saya yakin tak ada yang keberatan," tambah sang pangeran seperti dikutip harian Al Eqtisadiah.

Meski demikian, lingkaran dalam Kementerian Pendidikan masih bersikukuh untuk menerapkan serangkaian persyaratan terkait aktivitas olahraga para siswi di sekolah.

Kementerian mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan prinsip-prinsip keagamaan yang memperbolehkan perempuan terlibat kegiatan olahraga yang sesuai dengan aturan agama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekolah-sekolah harus memiliki perlengkapan yang sesuai untuk kegiatan olahraga, dan akan dipastikan bahwa para siswi tetap mengenakan pakaian yang pantas. Demikian Kementerian Pendidikan.

Meski secara umum perempuan Arab Saudi dilarang melakukan kegiatan olahraga di ruang publik atau di sekolah dan universitas, sejumlah klub kesehatan mulai dibuka di negeri itu, terutama di wilayah timur.

Namun, akibat iuran keanggotaan yang mahal, pengunjung klub-klub kesehatan ini terbatas pada kalangan elite negeri kaya minyak itu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X