Kompas.com - 06/05/2013, 18:37 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Maladewa membuka pintu untuk tentara Amerika Serikat (AS) menggunakan, khususnya, fasilitas baharinya. Menurut warta Koran Minivan News pada Senin (6/5/2013), Maladewa dan Negeri Uwak Sam bakal meneken perjanjian bertajuk The Status of Force Agreement (SOFA). Di dalam perjanjian itu termaktub peraturan kalau AS memiliki akse Maladewa membuka pintu untuk tentara Amerika Serikat (AS) menggunakan, khususnya, fasilitas baharinya.s untuk menyimpan kapal-kapal perangnya di negeri di Samudera Hindia itu.

Tak hanya fasilitas tersebut, AS pun bisa memanfaatkan pelabuhan Maladewa untuk kepentingan militernya. "Negosiasi masih berlangsung,"kata juru bicara di Kedutaan Besar AS Sri Lanka.

Kendati begitu, kata juru bicara yang tak disebutkan namanya,"Tak ada rencana AS untuk menggunakan fasilitas di Maladewa secara permanen."

Menurut jubir itu lagi, SOFA adalah perjanjian lazim andai AS bekerja sama erat dengan negara-negara terkait keamanan. "Kami punya sekitar 100 SOFA di seluruh dunia,"imbuh juru bicara tersebut.

Selain aktivitas militer di atas, di dalam SOFA juga ada peraturan soal akses untuk fasilitas transit pesawat dan kapal, pengisian bahan bakar, perawatan kapal, kunjungan militer, pelatihan, hingga aktivitas kemanusiaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.