Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maladewa Buka Pintu untuk Tentara AS

Kompas.com - 06/05/2013, 18:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Maladewa membuka pintu untuk tentara Amerika Serikat (AS) menggunakan, khususnya, fasilitas baharinya. Menurut warta Koran Minivan News pada Senin (6/5/2013), Maladewa dan Negeri Uwak Sam bakal meneken perjanjian bertajuk The Status of Force Agreement (SOFA). Di dalam perjanjian itu termaktub peraturan kalau AS memiliki akse Maladewa membuka pintu untuk tentara Amerika Serikat (AS) menggunakan, khususnya, fasilitas baharinya.s untuk menyimpan kapal-kapal perangnya di negeri di Samudera Hindia itu.

Tak hanya fasilitas tersebut, AS pun bisa memanfaatkan pelabuhan Maladewa untuk kepentingan militernya. "Negosiasi masih berlangsung,"kata juru bicara di Kedutaan Besar AS Sri Lanka.

Kendati begitu, kata juru bicara yang tak disebutkan namanya,"Tak ada rencana AS untuk menggunakan fasilitas di Maladewa secara permanen."

Menurut jubir itu lagi, SOFA adalah perjanjian lazim andai AS bekerja sama erat dengan negara-negara terkait keamanan. "Kami punya sekitar 100 SOFA di seluruh dunia,"imbuh juru bicara tersebut.

Selain aktivitas militer di atas, di dalam SOFA juga ada peraturan soal akses untuk fasilitas transit pesawat dan kapal, pengisian bahan bakar, perawatan kapal, kunjungan militer, pelatihan, hingga aktivitas kemanusiaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com