Kompas.com - 06/05/2013, 18:28 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China, Senin (6/5/2013), secara implisit mengkritik serangan udara Israel ke Suriah akhir pekan lalu.

Kritikan itu disampaikan ketika Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas sama-sama melakukan kunjungan kerja ke China.

Serangan udara Israel ke fasilitas militer Suriah di dekat Damaskus dikhawatirkan membuat konflik bersenjata yang sudah berlangsung selama 26 bulan itu menyebar ke kawasan lain.

"Kami menentang penggunaan senjata dan yakin kedaulatan setiap negara harus dihormati," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dalam sebuah jumpa pers.

Chunying menambahkan pemeirntah China mendesak semua pihak untuk tidak melakukan tindakan yang akan meningkatkan eskalasi di kawasan tersebut.

Komentar Kemenlu China ini bertepatan dengan kunjungan kerja lima hari PM Benyamin Netanyahu di Beijing yang akan diakhiri pembicaraan dengan Predien Xi Jinping dan PM Li Keqiang.

Bersamaan dengan kunjungan Netanyahu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga berada di Beijing untuk melakukan pembicaraan dengan kedua pemimpin China tersebut.

Abbas dijadwalkan meninggalkan Beijing pada Selasa (7/5/2013) dan kedua pemimpin Timur Tengah itu tidak dijadwalkan menggelar pertemuan saat berada di Beijing.

Namun, Hua Chunying menegaskan, fakta bahwa China menerima kedua pemimpin itu dalam waktu yang hampir bersamaan menunjukkan dukungan negeri itu atas proses damai antar kedua negara itu.

China secara tradisional mengambil jarak dengan berbagai masalah Timur Tengah. Namun, dalam beberapa tahun belakangan China mulai lebih aktif dan ambil bagian dalam berbagai upaya diplomatis di Timur Tengah.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X