Kompas.com - 06/05/2013, 16:23 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara (Korut) menyalahkan Korea Selatan (Korsel) lantaran penutupan kawasan industri Kaesong. Menurut komisi itu, biang keladinya tetap Korsel. "Soalnya, Korsel belum menghentikan sikap provokatifnya,"kata pernyataan Pyongyang sebagaimana warta AP pada Senin (6/5/2013).

Komisi itu juga dalam pernyataannya juga menekankan kalau Korsel harus bertanggung jawab atas penutupan tersebut. Tapi, pihak Korsel mengatakan kalau tengah menanti inisiatif Korut untuk duduk bersama dalam dialog soal masa depan Kaesong.

Menurut pihak Korsel, Seoul juga meminta membuka kembali jalur militer kedua belah pihak sejak penutupan pada Januari 2013. "Kami minta Korut untuk mengizinkan perusahaan-perusahaan Korsel mengambil bahan baku dan peralatan keluar dari Kaesong,"kata permintaan Korsel.tiap tahun, Seoul mesti menyediakan dana 13 juta dollar AS untuk upah pekerja, pajak perusahaan dan penggunaan fasilitas di Kaesong.

Kendati begitu, atas permintaan Korsel itu, Korut belum menunjukkan tanda-tanda memberi jawaban. Kaesong sebagai kawasan industri terintegrasi antara kedua Korea memang terletak di wilayah Korut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.