Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Raja Smartphone di AS, Apple atau Samsung?

Kompas.com - 06/05/2013, 13:20 WIB

Apple

KOMPAS.com - Samsung boleh menjadi produsen ponsel pintar terbesar di dunia. Namun di Amerika Serikat, yang dipandang sebagai pasar penting dalam industri teknologi, ponsel Samsung seri Galaxy belum bisa menyalip Apple iPhone.

Ada 136,7 juta orang di AS yang menggunakan ponsel pintar selama periode tiga bulanan yang berakhir pada Maret 2013. Nah, 39 persen dari jumlah tersebut adalah pengguna ponsel Apple iPhone, menurut survei terbaru lembaga riset ComScore, seperti dikutip dari AllThingsD.

Pangsa pasar iPhone di AS terus mengalami pertumbuhan. Pada kuartal sebelumnya, atau kuartal empat 2012, Apple meraih 36,3 persen pangsa pasar ponsel pintar di AS.

Produsen ponsel pintar terbesar di AS Q1 2013 - Sumber ComScore

Sementara Samsung, saat ini menguasai 21,7 persen pasar ponsel pintar atau menempati posisi kedua produsen ponsel terbesar di AS. Jumlah itu hanya naik sedikit dari 21 persen pada kuartal empat 2012.

Produsen ponsel lain belum menunjukan taringnya di pasar AS. ComScore mencatat, pangsa pasar HTC, Motorola, dan LG tidak lebih dari 10 persen pada kuartal pertama 2013. Ketiganya mengalami penurunan dari kuartal ke kuartal.

ComScore juga merilis data tentang sistem operasi mobile yang berkuasa di AS. Android masih menguasai pasar AS dengan raihan 53,4 persen, meskipun angka ini turun dari 52 persen pada kuartal empat 2012.

Sistem operasi mobile terbesar di AS Q1 2013 - Sumber ComScore

BlackBerry berada di peringkat ketiga, namun harus rela mengalami penurunan menjadi 5,2 pesen dari 6,4 persen. Sementara pangsa pasar sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft mengalami kenaikan menjadi 3 persen dari 2,9 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com