Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerkosaan Dalam Bus Gegerkan Rio

Kompas.com - 06/05/2013, 11:27 WIB

Polisi Brasil tengah memburu seorang laki-laki yang diduga memerkosa seorang perempuan di dalam bus yang tengah melaju di Rio de Janeiro. Menurut saksi mata, laki-laki itu bersenjata dan langsung kabur setelah melakukan aksinya selama sekitar 30 menit, termasuk untuk merampok para penumpang lainnya.

Aksi keji ini mengagetkan seisi negeri dan kini menjadi topik hangat berbagai obrolan di jaringan media sosial. Sebelumnya muncul pula aksi pemerkosaan terhadap seorang turis pada akhir Maret yang langsung memicu kekhawatiran bagaimana jadinya urusan keamanan nanti di ajang Piala Dunia yang akan diselenggarakan tahun depan serta olimpiade tahun 2016.

Beberapa hari berikutnya tujuh orang tewas setelah sebuah bus yang padat penumpang terjun dari sebuah jembatan yang diduga merupakan buah dari pertengkaran antara seorang penumpang dan sopir bus naas itu.

Setelah beberapa kejadian ini, Wali Kota Rio de Janeiro Eduardo Paes mengatakan akan memperketat pengamanan di kota itu dan mengawasi operasi transportasi publik.

Karena obat

Nyatanya kemudian malah terjadi kasus pemerkosaan yang menggegerkan ini pada Jumat (3/5/2013) siang. Kepada aparat, para saksi mata menyebut perampok dan pemerkosa itu memilih bus yang hanya berisi sekitar 10 penumpang menyuruh mereka duduk di bagian depan dan memerintahkan sopir terus menyetir.

Ia lalu menguras harta para korban, kemudian memukul seorang penumpang perempuan dengan senjatanya lalu memerkosanya. Penjahat itu diduga melakukan kekejiannya di bawah pengaruh obat. Ia lalu kabur dan lari menyeberangi jalan tol yang ramai.

Rekaman video dari kejadian di bus ini sedang diselidiki dan polisi tengah menyusun sketsa pelaku, kata aparat.

Perampokan dalam bus digambarkan sebagai hal biasa di Rio de Janeiro maupun kota-kota Brasil lainnya, tetapi aksi kekerasan parah yang baru terjadi ini juga menggemparkan media setempat.

Urusan memberantas tindak kriminal adalah salah satu persoalan besar Brasil menjelang perannya sebagai tuan rumah ajang akbar olahraga dunia mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com